Mengapa Kucing Termasuk Mamalia?

Posted on

Mengapa Kucing Termasuk Mamalia? – Sebenarnya pertanyaan tersebut tidak hanya ditujukan untuk kucing saja. Seekor hewan termasuk ke dalam golongan mamalia jika dia memiliki beberapa karakteristik dari mamalia. Lalu, apa saja karakteristik dari mamalia? Yuk, lihat beberapa point dan penjelasan berikut ini.

Beberapa karakteristik mamalia di antaranya adalah:

  • Semua mamalia berdarah panasApa maksudnya ya berdarah panas? Berdarah panas artinya adalah di lokasi manapun dengan temperatur berapa pun (dingin atau panas) seekor mamalia berada, maka temperatur tubuhnya akan tetap pada kisaran yang sama.
  • Kebanyakan mamalia melahirkan anaknyaKebanyakan mamalia memang melahirkan anaknya, yang dalam hal ini termasuk kucing. Namun, ternyata tidak semua mamalia melahirkan anaknya secara langsung, ada juga mamalia yang mengeluarkan telur sebelum akhirnya turunannya menghirup udara pertamanya di dunia, contoh mamalia yang bertelur adalah platypus dan spiny anteater (seperti landak).

  • Mamalia memiliki rambut atau bulu pada tubuhnyaBulu atau rambut pada tubuh mamalia berfungsi untuk mengisolasi tubuh mamalia dari lingkungannya atau dengan kata lain sebagai pelindung bagi tubuh mamalia. Selin itu, bulu atau rambut juga dapat berperan sebagai bahan anti-air.
  • Memiliki 3 tulang kupingMamalia memiliki 3 tulang kuping yang berukuran kecil dan dikenal dengan nama Ossicles, yang terdiri dari malleus, incus dan stapes. Ketiga tulang ini memungkinkan mamalia untuk bisa mendengar lebih baik, yaitu dalam mendeteksi suara-suara yang halus.
  • Setiap mamalia merupakan vertebrataHal ini berarti setiap mamalia memiliki tulang belakang.
  • Semua mamalia memiliki paru-paru untuk bernafas dengan udara
  • Mamalia menyusui bayinyaMamalia dapat memproduksi susu untuk diberikan pada bayinya yang baru lahir, termasuk kita, manusia.

Nah, sekarang jelas ‘kan kenapa kucing atau hewan mamalia lainnya dikategorikan sebagai mamalia. Semoga berguna.

READ  Fakta Menarik Burung Kolibri